Alat untuk Membuat Jaringan LAN

IpanRipai.Com – Alat untuk Membuat Jaringan LAN. ketika kita ingin membuat jaringan LAN, tentu saja kita membutuhkan beberapa alat yang diperlukan. Alat-alat ini, merupakan media untuk membuat jaringan LAN tersebut. Sebenarnya, ada 2 jenis yang ada pada jaringan LAN. Ada yang menggunakan kabel, ada juga jaringan yang menggunakan Wireless. tentu saja, alat dan bahan yang kita pergunakan untuk membuat jaringan LAN tersebut berbeda-beda karena yang satu menggunakan kabel, dan yang satunya lagi menggunakan Wireless. Kita bahas yuks bareng-bareng :

1. Alat untuk membuat jaringan LAN menggunakan Kabel

  • PC

250px Computer aj aj ashton 01.svg Alat untuk Membuat Jaringan LANTentu saja, PC ini sangatlah berguna sekali, ya.. bagaimana kita mau bangun sebuah jaringan LAN, kalau kita tidak mempunyai PC. Minimal untuk membangun jaringan itu harus ada 2, inget ya.. harus ada 2.

Tips tambahan :

ketika kita hanya ingin menghubungkan 2 buah PC atau laptop, bisa saja menggunakan wireless saja. untuk caranya, akan saya bahas nanti ya??

untuk dari pada ntu, ikutin terus ya blog ini..

Ngarep wae etamah

  • Lan Card

 LAN+Card Alat untuk Membuat Jaringan LANLan card adalah sebuah komponen yang menjadi jembatan penghubung komputer. biasanya, lan card ini sudah ada pada PC anda, lihat bagian belakangnya ya?? pokoknya, bentuknya seperti itu. kalo belum ada, silahkan anda beli dulu lancard nya. untuk laptop, biasanya sudah terpasang.

  • crimping tool

crimpingtool Alat untuk Membuat Jaringan LANini adalah gambar crimping tool, fungsinya adalah untuk mempatenkan atau menyatukan antara konektor RJ 45 dengan kabel UTP atau kabel STP. kemarin si, harganya cuma 50 ribuan.

mungkin juga sekarang udah turun, anda bisa beli. cuman 1 kali kok untuk bertahun-tahun. hehehhe

Kita lanjut lagi ya bahasnya.

  • konektor rj45

connector rj45 Alat untuk Membuat Jaringan LANgambar disamping adalah gambar konektor rj45, ini biasanya nanti dipasangkan dengan kabel utp, yang nantinya ditempelkan pada lancard yang ada pada komputer.

  • Kabel UTP

kabel utp2 Alat untuk Membuat Jaringan LANSebenarnya, jenis kabel yang sering kita gunakan ada 2 buah macam. yang pertama adalah kabel UTP dan yang kedua adalah kabel STP. kalau gambar disamping adalah kabel UTP. perbedaan kabel UTP dan kabel STP adalah terletak dari bungkusannya. kalo ada alumunium koil yang membungkus kabel yang kecil-kecil didalamnya, maka itu yang disebut dengan kabel STP. Sedangkan kalau kabel UTP itu tidak ada alumunium koilya lagi.

  • Tester kabel

tester cable Alat untuk Membuat Jaringan LANkalo kita ingin mengecek kabel tersebut sudah terpasang dengan baik atau belum, maka ini adalah yang digunakan untuk mengeceknya. heheehee.. alatnya cukup murah kok.

  • Switch / hub

switch Alat untuk Membuat Jaringan LANHampir tidak ada yang beda untuk jaman sekarang ini antara hub / switch. hehehe.. keduanya sama kok fungsinya secara umum nya. kalau membuat dengan jarinangan dengan sekala kecil, memakai hub juga sudah cukup kok.

kalo jarinngan yang akan anda bangun itu besar, silahkan beli switch dengan port yang banyak.

ya, itung-itung belajar, sekrang kalau mau beli mendingan hub aja dulu. bener nggak???? hehehee

2. Membuat Jarinagn LAN menggunakan Wireless

Ketika kita ingin membuat jaringan LAN menggunakan Wireless, sebenarnya tidak perlu alat banyak. selain komputer kita hanya butuh 2 alat lagi.

  • Wireless

wireless network new 5 Alat untuk Membuat Jaringan LANAlat ini, biasanya untuk laptop sudah ada, tetapi, kebanyakan untuk PC tidak ada. murah kok kalo kita ingin membelinya.

  • Accesspoint

   Alat untuk Membuat Jaringan LANFungsi access point adalah untuk memancarkan sinyal Wireless.

Mungkin hanya ini aja dulu ya?? cape juga menulis segini. bagi yang belum menguasai pengenalan jaringan, dulu saya sudah bahas kok. yaitu Pengenalan Jaringan Komputerdan Macam-Macam Jaringan Komputer. Semoga saja artikel tentang Alat untuk Membuat Jaringan LAN ini bisa berguna untuk kita semua. amin.. dan tunggu kelanjutannya tentang cara membuat jaringan LAn ya??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>