Cara Memasangkan Kabel UTP ke Konektor RJ45

IpanRipai.comCara Memasangkan Kabel UTP ke Konektor RJ45. Sebelum kita membuat jaringan, tentu saja hal pertama kali yang perlu kita lakukan adalah memasangkan kabel UTP ke Konektor RJ45. pada pembahasan kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana caranya memasang kabel UTP ke Konektor RJ45. Biar agak keren, saya kasih judul Cara Memasangkan Kabel UTP ke Konektor RJ45. Tetapi, sebelum kita memasangkan kabel UTP ke konektor Rj45, kita mesti tahu dulu bagaimana susunan kabel untuk tipe strige dan cross. perhatikan gambar dibawah ini:

Pada gambar disamping, sebenarnya ini adalah urutan kabel berdasarkan standar iso. jika anda memasangkan atau warnanya di bolak balik juga tidak masalah. tetapi dengan konsep bahwa untuk yang strige, itu lurus. kabelnya harus sama dan sejalur. karena, untuk kabel itu sama saja. yang membaedakan disana adalah warnya saja.

Sekarang untuk pemasangan kabel jenis strige, perhatikan warna geraknya saja. pin nomer 1. itu pindah ke 3. dan pin nomer 2, pindah ke 6. sisanya, urutkan ke atas.

Lalu, mungkin anda bertanya, gunanya buat apa sih ketika kita membuat atau mengurutkan kabel jenis strige dan jenis cross?? sebenarnya, pembedanya adalah ketika kita membuat jaringan tersebut hanya 2 PC atau lebih. kalau kita membuat jaringan hanya 2 PC, maka pemasangan kabelnya dengan cross, sedangkan untuk lebih dari 2 PC dan membutuhkan Hub/switch maka kita membuat kabelnya dengan kabel Strige.

Setelah kita mengetahui urutan warnya, selanjutnya adalah mulai memotong kabelnya. untuk lebih jelas, perhatikan gambar dibawah ini:

Gambar disamping adalah gambar ketika kita memotong kabel UTP dengan menggunakan tang crimping. selain menggunakan tang crimping, anda juga bisa menggunakan pisau, silet, atau gunting biasa untuk memotongnya.

Tidak masalah untuk memotong ini, mau menggunakan yang mana saja alat pemotongnya tidak menjadikan sebuah masalha.

Gimana? lanjut?? ayo kita lanjutkan tentang Cara Memasangkan Kabel UTP ke Konektor RJ45. hehehe

Selanjutnya adalah memasukan kabel UTP kedalam konektor RJ45. Untuk caranya, silahkan lihat gambar dibawah ini:

Bagi yang masih bingung, tentang urutan kabelnya, silahkan coba lihat gambar dibawah ini

Setelah dimasukan dengan baik, silahkan pada konektor RJ45 anda rapatkan atau tekan atau kunci kabel tersebut dengan menggunakan tang crimping. Setelah itu, silahkan anda tes dengan tester. untuk melihat bentuk-bentuk barang-barang yang digunakan, pada kesempatan kemarin saya sudah membahasnya dengan judul Alat untuk Membuat Jaringan LAN.lalu, kesempatan kemarin juga saya suah membahas tentang Cara Perhitungan Subnetting Pada Jaringan, Macam-Macam Jaringan Komputer, dan Pengenalan Jaringan Komputer. Gimana, mudah bukan?? S

Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan dan ulas tentang Cara Memasangkan Kabel UTP ke Konektor RJ45, semoga ada manfaatnya bagi kita semua. amin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>