Perbedaan Antara IP Public dengan IP Private

IpanRipai.Com – Perbedaan Antara IP Public dengan IP Private. IP Public adalah IP yang bisa langsung di akses oleh semua orang dari internet. IP yang dipasang secara global diseluruh dunia. setiap kita koneksi ke internet, maka kita ataupun alamat yang dituju adalah IP Public. Sebagai contoh, ketika kita membuka google, maka pada dasarnya kita sudah membuka sebuah IP. Tentu saja, dalam server google ditanam dulu sebuah bahasa pemrograman yang bisa dibaca oleh browser. Ketika kita ingin mengetahui alamat IP sebuah website, didalam commad promp kita ketikan perintah ping namawebsite. contoh: ping google.com maka akan keluar dan terlihat IP yang dimiliki oleh google.

Perlu adanya catatan penting dalam IP Public yaitu :

  • Setiap IP, hanya dimiliki oleh 1 web / 1 pengguna saja. tidak ada IP yang sama dalam IP Public
  • Setiap web, terkadang ada yang memiliki IP yang sama. ini diatur dalam servernya. jadi, tidak semua web memiliki IP yang berbeda.
  • Tidak semua IP Public digunakan untuk website.

IP Private adalah IP yang biasa digunakan oleh prbadi untuk kepentingan tertentu saja. Misalkan, IP yang dipasang di jaringan komputer laboratorium dll.

Contoh IP Public dan IP Private

Public IP : 192.168.10.1/30

                       118.96.249.1 (yang bisa di akses melalui internet ).

Private IP :

Kelas A : 10.0.0.1 – 10.255.255.254

Kelas B : 172.16.0.1 – 172.31.255.254

Kelas C : 192.168.0.1 – 192.168.255.254

IP Public adalah IP yang digunakan secara global oleh seluruh orang sedangkan IP Private adalah IP yang hanya digunakan untuk kepentingan pribadi saja.

Catatan Penting Lainnya:

Biasanya, penggunaan IP Public dalam sebuah server yang besar, maka akan diteruskan IP public tersebut kepada IP Private. Kenapa demikian? karena jumlah data yang banyaklah yang membuat server tersebut harus di LAN kan. karena kalo IP public tidak bisa di LAN kan, maka sudah habis IP dibeli sama perusahaan besar di Internet dan juga itu akan terjadi pemborosan IP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>