Cara Mengembalikan File yang Terhapus oleh Virus

Cara Mengembalikan File yang Terhapus oleh Virus – Terkadang, kita suka dibuatkan kerepotan oleh yang namanya virus. haduh, menyebalkan sekali virus itu, apalagi data kita tersebut sangatlah penting. Saya ilustrasikan untuk kasus ini seperti ini, misalkan anda pergi ke warnet, nah ternyata di warnet tersebut sudah ada virusnya. dan alhasil data yang anda butuhkan juga pastinya akan terkena imbasnya juga yaitu “hilang”. untuk itu, kali ini saya akan menuliskan tentang  bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus tersebut. Cara kerja virus ini sangat sederhana yaitu merubah setiap folder dan file yang ada di komputer atau flashdisk menjadi file applikasi dengan kapasitas yang digandakan menjadi 32 Kb (tertulis disaat kita membuka). Kalau kejadannya seperti ini, biasanya virus ini lebih terkenal dengan sebutan virus shortcut. virus shortcut ini akan merubah semua file menjadi sebuah shortcut dengan ukuran 32 Kb.

Walaupun ada beberapa vendor antivirus yang ada didunia ini mampu mengembalikan semua data yang terinfeksi virus, tapi tidak semuanya begitu. Saya contohkan seperti ini, antivirus smadav konon katanya bisa mengembalikan file tersebut lagi (saya tidak pake smadav), tapi antivirus yang saya suka gunakan yaitu avira, data yang terinfeksi akan hilang.

Data tersebut bukanlah terhapus, melainkan terkena super hident. sbnrnya data tersebut ada, untuk itu, kali ini bakalan saya tuliskan artikel tentang cara mengembalikan file yang terhapus oleh virus yang sebenarnya bukan terhapus tetapi di hident.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus oleh Virus yaitu :

1. Klik start

2. Kemudian pilih run

3. Kemudian ketikan kata cmd

cara mengambalikan file yang hilang 02 Cara Mengembalikan File yang Terhapus oleh Virus

4. Selanjutnya akan muncul command prompt.

cara mengambalikan file yang hilang 03 Cara Mengembalikan File yang Terhapus oleh Virus

5. Nah inilah bagian yang terpenting dari pembahasan kita kali ini, pada commandprompt ini kita ketikkan attrib /? Untuk mengetahui beberapa perintah pada

properties attribute melalui command prompt.

cara mengambalikan file yang hilang 04 Cara Mengembalikan File yang Terhapus oleh Virus

6. selanjutnya pada pompt tersebut akan muncul sederatan kalimat yang menjelaskan tentang attribute seperti:- tanda (+) untuk sets an attribute

- tanda (– ) untuk Clears an attribute

- huruf R untuk read-only file attributes

- huruf A untuk Archive file attribute

- huruf S untuk System file attribute

- huruf H untuk Hidden file attribute

- /S untuk proses penyamaan file di dalam file sebelumnya yang ada di komputer

- /D untuk proses yang akan dilakukan terhadap file itu sendiri

7. Kembali kepada file yang terhapus tersebut maka perintah yang kita ketikkan pada command prompt ini adalah : (ketikkan perintah ini pada Drive C:> atau D:> atau dimana tempat file yang terhapus sebelumnya). attrib –s –h *.* /S /D

cara mengambalikan file yang hilang 05 Cara Mengembalikan File yang Terhapus oleh Virus

8. Selanjutnya refresh komputer atau semua drive yang ada di komputer kita, hasilnya file yang terhapus tersebut muncul kembali.

Nah, kalo ingin mudahnya, anda bisa menggunkan perintah attrib –s –h *.* /S /D  di dideroktori penyimpanan data yang sudah terkena virus tersebut melalui command prompt.

Mudah bukan Cara Mengembalikan File yang Terhapus oleh Virus atau Cara Mengembalikan File yang di hiddent oleh Virus ini? kalau mudah, silahkan anda raktekan langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>