Perintah-Perintah Dasar pada CLI di Linux

IpanRipai.ComPerintah-Perintah Dasar pada CLI di Linux. Alhamdulillah, hari ini saya bisa menyempatkan diri untuk bisa menulis diblog pribadi saya ini. bahasan kali ini adalah tentang Perintah-Perintah Dasar pada CLI di Linux. Bagi yang masih awam, Istilah CLI itu mungkin terasa masih asing. Tetapi bagi yang sudah pernah belajar Linux, Istilah CLI bukan hal yang asing lagi. CLI adalah kepanjangan dari “Command Line Interface”. CLI itu adalah sebuah bentuk yang memberikan sebuah perintah terhadap PC, tetapi dia tidak dalam bentuk grafik, gambar, ataupun animasi lainnya. Perintah-perintahnya trsebut tidak seperti ketika anda memanggil sebuah program dalam windows yang one click installer yang sangat dimanjakan oleh desain grafisnya. Contohnya seperti ini, ketika anda dalam windows, tentu saja anda ketika memberikan perintah dalam hal Copy, Cut, Paste ataupun Delete, anda astinya tinggal klik-klik saja atau yang lebih dikenal sebagai GUI (Grafik User Interface), tetapi dalam hal ini (LINUX), tidak seperti itu, dia harus memberikan sebaris perintah terlebih dahulu.

Memang si, sekarang ini pada LINUX khususnya pada UBUNTU Dekstop anda sudah dimanjakan dengan tampilan GUI nya, tetapi untuk hal-hal tertentu anda harus bisa dan mampu untuk memberikan perintah secara CLI. Lalu, apakah windows juga tidak bisa melakukan CLI? tentu saja bisa. Pada windows, perintah untuk memberikan peritah CLI itu berada pada Command Prompt. Tetapi pada linux itu dinakan terminal. Cara membuka terminal itu cukup mudah, anda tinggal membukanya lewat Aplication –> Accessories –> Terminal. biar lebih jelasnya, anda bisa melihat gambar dibawah ini:

Perintah Perintah Dasar pada CLI di Linux 261x300 Perintah Perintah Dasar pada CLI di Linux

Perintah-Perintah Dasar pada CLI di Linux

Nah, gambar diatas adalah sebuah gambar yang berfungsi untuk memanggil terminal. Oke, Kita kembali ke topik. setelh jendela terminal terlihat. kita juga bisa mengisikan beberapa perintah. Perintah-Perintah Dasar pada CLI di Linux yaitu :

1. sudo su

Digunakan untuk login sebagai root/pengguna tertinggi. Maksudnya adalah, biasanya setiap PC pada user pasti memiliki level yang berbeda, ada yang sebagai level user saja, ada juga yang sebagai level admin.

Sintaks sudo su

2. login

Digunakan untuk login sebagai user lain, namun harus menjadi root dulu untuk bisa menjalankan peirntah ini.

Sintaks : login namauser

Contoh : login ipanripai

3. cd

Digunakan untuk berpindah direktori dari 1 directory ke directori yang lainnya.

Sintaks : icd alamat_direktor

Contoh : cd /var/www

4. pwd

Digunakan untuk memperlihatkan di direktori mana posisi kita berada sekarang.

Sintaks : pwd

5. ls

Digunakan untuk melihat isi sebuah direktori. jadi, ada apa saja di directory tersebut.

Sintaks : ls

6. cp

Digunakan untuk melakukan copy file.

Sintaks : cp /direktori/file_yang_ingin_dicopy /direktori tujuan

Contoh : cp /etc/file1.txt /var/www

7. mv

Digunakan untuk melakukan cut atau rename.

Sintaks :

mv /direktori/file_yang_ingin_dicut /direktori tujuan (cut)

mv /direktori/file_yang_ingin_direname /nama_baru_file (rename)

Contoh:

mv /etc/file1.txt /var/www

mv /etc/file1.txt file2.txt

8. mkdir

Digunakan untuk membuat folder baru.

Sintaks : mkdir nama_folder

Contoh : mkdir folder1

9. rmdir

Digunakan untuk menghapus folder.

Sintaks : rmdir nama_folder

Contoh : rmdir folder1

10. touch

Digunakan untuk membuat file baru.

Sintaks : touch nama_file

Contoh : touch file1.txt

11. rm

Digunakan untuk menghapus file.

Sintaks : rm nama_file

Contoh : rm file1.txt

12. more

Digunakan untuk menampilkan isi sebuah file

Sintaks : more nama_fie

Contoh : more file1.txt

13. echo

Digunakan untuk menuliskan sesuatu kata atau kalimat ke sebuah file.

Sintaks : echo “isi pesan” nama_file

Contoh : echo “Hai ini adalah contoh pesan” >> file1.txt

14. adduser

Digunakan untuk menambah user baru.

Sintaks : adduser nama_user

Contoh : adduser adamkurniawan

15. addgroup

Digunakan untuk menambah group baru

Sintaks : addgroup nama_group

Contoh : addgroup grup1

16. lsusb

Digunakan untuk melihat perangkat usb yang sedang terkoneksi ke komputer

Sintaks : lsusb

17. lspci

Digunakan untuk melihat perangkat pci yang sedang terkoneksi ke komputer

Sintaks : lspci

18. lshw

Digunakan untuk melihat hardware komputer.

Sintaks : lshw

19. dmesg

Digunakan untuk melihat hardware yang sedang beraktifitas

Sintaks : dmseg

20. top

Digunakan untuk melihat proses yang sedang berjalan, seperti Task Manager pada Windows.

Sintaks : top

21. cpuinfo

Digunakan untuk melihat spesifikasi komputer.

Sintaks : more /proc/cpuinfo

22. meminfo

Digunakan untuk melihat status RAM

Sintaks : more /proc/meminfo

23. clear

Digunakan untuk membersihkan layar

Sintaks : clear

24. halt

Digunakan untuk mematikan komputer, namun harus sebagai root.

Sintaks : halt

25. reboot

Digunakan untuk merestart komputer, namun harus sebagai root.

Sintaks : reboot

26. exit

Digunakan untuk keluar dari terminal.

Sintaks : exit

27. wget

Digunakan untuk mendownload via terminal

Sintaks : wget link_download

Contoh : wget www.insightcalendar.com/Insight_Calendar_1-1_Setup.exe

28. ifconfig

Digunakan untuk melihat konfigurasi ethernet/kartu jaringan.

Sintaks : ifconfig

29. apt-get

Digunakan untuk memperoleh paket/software dari repository ubuntu secara online.

Sintax : apt-get nama_paket

Contoh :

apt-get update (untuk melakukan update repository)

apt-get update wine (untuk mendapatkan paket wine)

30. tar

Digunakan untuk melakukan extract file.

Sintaks : tar [parameter] nama_file

Contoh : tar -xzvf komodo-edit-5.2.4-4343-linux-libcpp6-x86.tar.gz

31. nautilus

Digunakan untuk membuka tampilan GUI secara langsung.

Sintaks : nautilus

Contoh : sudo nautilus (menggunakan mode GUI dengan status root)

Kalo anda yang merasa bingung, lihat dulu video dibawah ini yang merupakan salah satu video yang saya ambil dari youtube.

Perintah-Perintah Dasar pada CLI di Linux

Perintah-Perintah Dasar pada CLI di Linux merupakan perintah dasar dari sebuah linux yang bisa anda praktekan dengan mudah. Udah ya, segitu aja dulu, kita sama-sama hapalkan perintah-perintah yang paling medasar pada CLI di linux ini. Semoga dengan adanya artikel Perintah-Perintah Dasar pada CLI di Linux ini bisa bermanfaat bagi kita semua. amin..

perintah copy file di linux debian, cara menambahkan user baru pada cli debian, fungsi sudo su, Cara membuka folder di linux, perintah-perintah linuk untuk debian 5 0, perintah command line interface ( CLI ) untuk linux debian, perintah dasar linux ubuntu, cara copy paste di os linux, kegunaan perintah linux yang ada pada terminal, fungsi stat pada cli, jelaskan rahmat rahmat apa saja yang kita terima setelah kita krisma, syntax ram untuk linux, syntax perintah dasar di linux, kumpulan syntak debian dan penggunaannya, cara membuat jaringan lan dengan linux command from, cara copy folder dalam linux, perintah CLI untuk jaringan linux, perintah program otoket, jika perintah su dosu tidak dibuat, copy file dalam terminal linux
Perintah-Perintah Dasar pada CLI di Linux | admin | 4.5
Sabtu, 1 November 2014 - Saturday, November 1st 2014 perintah copy file di linux debian, cara menambahkan user baru pada cli debian, fungsi sudo su, Cara membuka folder di linux, perintah-perintah linuk untuk debian 5 0, perintah command line interface ( CLI ) untuk linux debian, perintah dasar linux ubuntu, cara copy paste di os linux, kegunaan perintah linux yang ada pada terminal, fungsi stat pada cli, jelaskan rahmat rahmat apa saja yang kita terima setelah kita krisma, syntax ram untuk linux, syntax perintah dasar di linux, kumpulan syntak debian dan penggunaannya, cara membuat jaringan lan dengan linux command from, cara copy folder dalam linux, perintah CLI untuk jaringan linux, perintah program otoket, jika perintah su dosu tidak dibuat, copy file dalam terminal linuxbendera dunia, gambar bendera dunia, google translate bahasa sunda, translate bahasa sunda, bendera seluruh dunia, bendera semua negara, gambar bendera negara di dunia, terjemahan bahasa sunda, gambar bendera negara, gambar bendera seluruh dunia, google translate sunda, yhs-fullyhosted_003, translate bahasa sunda online, bendera negara di dunia, google terjemahan bahasa sunda, gambar bendera semua negara, terjemahan sunda, gambar bendera di dunia, bendera negara seluruh dunia, bendera seluruh negara, istilah dalam basis data, nama nama bendera dan gambarnya, bendera negara, gambar bendera setiap negara, istilah basis data, bendera negara dunia, bendera bendera dunia, tata cara membuat lan untuk 2 komputer, terjemahan bahasa sunda ke bahasa indonesia lengkap, google translate bahasa sunda online, translate bahasa sunda ke indonesia otomatis, lambang bendera seluruh dunia, terjemahan bahasa sunda ke indonesia, translate indonesia sunda lengkap, bendera seluruh dunia dan namanya, macam macam bendera negara, gambar bendera seluruh negara, model hub dbms dan aplikasi basis data, translate bahasa indonesia ke bahasa sunda, translate sunda indonesia lengkap, gambar bendera negara seluruh dunia, cara setting lan windows xp, translate sunda-indonesia, google translate indonesia-sunda, terjemah bahasa sunda, translate sunda ke indonesia, translate bahasa sunda ke indonesia, nama nama negara dan gambarnya, cara mengembalikan file yang dihapus smadav, nama bendera dunia, gambar bendera dan namanya, cara membuat jaringan lan dengan wifi, istilah-istilah basis data, yhs-default, contoh atribut pasien elemen datanya dapat terdiri kecuali, yhs-ddc_bd, gambar bendera dunia dan nama negaranya, gambar bendera dan negaranya, nama nama bendera seluruh dunia, google translate bahasa indonesia ke bahasa sunda, translate sunda indonesia online, translate b sunda, google terjemah bahasa sunda, google translate indonesia ke sunda, nama bendera di seluruh dunia, google translate b sunda, bendera sedunia, bendera negara dan namanya, warna bendera seluruh dunia, sebutkan alat alat perlengkapan yang digunakan untuk membangun suatu jaringan lan, bendera bendera negara di dunia, bendera dan nama negara, foto bendera seluruh dunia, istilah istilah basis data, bahasa dalam DBMS, alat dan bahan yang di butuh kan pada jaringan lan sederhana, alat untuk membangun jaringan lan, translate sunda indonesia, gambar bendera semua negara di dunia, google translate basa sunda, translate sunda, terjemahan bahasa sunda ke indonesia otomatis, terjemahan sunda indonesia otomatis, translate indonesia sunda, translate indonesia ke sunda, Translate basa sunda, cara membuat lan di windows xp, yhs-fh_lsonsw, cari lambang bendera luar negri, gambar bendera luar negri, gambar bendera bendera negara, gambar bendera luar negara serta nama, bendera di seluruh dunia, gambar bendera dunia lengkap, gambar bendera, gambar bendera seluruh negara di dunia, bendera negara-negara di dunia, gambar bendera sedunia, gambar bendera luar negara, bendera di dunia bendera dunia lengkap, bagaimana caranya pakai jaringan luar negri, google translate sunda ke indonesia, bagaimana cara menyeting modem untuk wifi, lambang/bendera semua negara di dunia, cara setting internet di lan windows xp, cara mengaktifkan lan, cara instal ulang windows 7 melalui kabel lan, contoh level pandangan pemakai, susunan kabel utp untuk di koneksikan ke konektor RJ-45, bendera negara di dunia, cara keluar dari terminal cui ubuntu, cara mengatasi laptop asus tidak bisa connect modem, tips memperbaiki jaringan intwrnet pada windows 7, 3 jenis data berbasis record, 3 jenis model data berbasis record, gambar bendera namanya, 3 jenis model berbasis record, cara conect internet bergambar di pc, cara nk connect pc ke pc, translate bahasa sunda, sebutkan jenis jenis kabel dan konektor sebagai media penyambung wired LAN, jelaskan model data secara dasar, Jelaskan dan gambarkan 3 model data cara dasar, jelaskan 3 model data secara dasar, basis data windows, cara setting http di jaringan, Cara ngelan lewat wifi, cara mengatur koneksi internet di laptop, gambar bendera bendera negara, gambar bendera seluruh negara, kumpulan perintah dasar CLI beserta fungsi, instal ulang os merubah ip komputer, Jelaskan pengertian dari model data, istilah dari atribut, bendera dan negaranya, konfigurasi wirelesss lan pada window seven, teknik subnetting pada jaringan, contoh basis data alumni mahasiswa, gambar cara instalasi kabel UTP, apa yg dimaksud model data berbasis record, perintah-perintah linuk untuk debian 5 0, kemandirian data disebut juga dengan, Model data berbasis record artinya, bendera negara-negara di dunia, KONEKSI LAN di windows 7, nama nama bendera dunia, bendera-bedera di dunia, warna bendera di setiap negara, google translate bahasa sunda, apakah yg dimaksud model data berbasis record, bisa gak pakek kabel lan windows 7 & 8, translate bahasa sunda ke bahasa indonesia, laptop tidak bisa connect ke wifi speedy setelah di install ulang, google translate indonesia ke sunda, penjelasan model relasional, cara setting internetan pake speedy buat laptop, cara internetan pake speedy buat laptop, bendera dunia, cara update fpc di ubuntu, gambar macam macam bendera setiap negara, tidak mendapatkan jaringan pada saat menggunakan connectify, cara koneksi wifi ke pc pake kabel, gambar bendera sedunia, bagaimana menginstall windows 7 jika tempat kasetnya rusak?, warna bendera didunia, cara buat setting lan window 8, cara instal ulang laptop axio dengan flashdisk, cara sharing di jaringan lan menggunakan windows xp, cara instalasi lan sharing, cara instal ulang windows 7 dengan flashdisk tanpa software, model basisdata, gambar local area connection, gambar bendwra negara di dunia, cara mengaktifkan modem tri dilaptop baru diinstal windows7, cara connect lan internet dilaptop lenovo, alat alat yang perlu di siapkan untuk install ulang windows7 for notebook, cara connect lan internet di laptop lenovo, cara mencari ip andrees laptop, cara lan sesama komputer menggunakan modem, ap perbedaan bahsa pendefinisian schema dengan arsitektur ini, cara memperbaiki ip internet speedy, cara mengaktifkan internet pada komputer pc window xp, macam macam bendera negara di dunia, bendera bendera dunia, foto bendera dunia, cara menambah user pada debian 7 cli, terjemahan sunda, terjemahan basa sunda, perintah sudo su, cara membuat jaringan Wi-Fi grup antara komputer, cara setting internet lan di windows 7, tingkatan arsitektur, nama nama bendera, gambar bendera negara di dunia, elemen elemen database, cara mengaktifkan jaringan pada laptop baru, tujuan perancangan arsitektur basis data, gambar bendera negara seluruh dunia, bendera dan nama negaranya cara mengconectkan jaringan 3 di netbook, nama dan gambar bendera seluru dunia, Apa saja Bahasa dbms, membuat lan dengan wifi, Istilah-istilah dalam basis data, terjemahan dari indonesia ke sunda, cara penyentingan konfigurasi windows 7, cara setting internet 3 di windows 7, cara instal ulang di toshiba nb520 melalui flash disk, Cara instal koneksi internet laptop asus, instal ulang driver laptop axioo dari hape, cara mengganti membuat jaringan internet menggunakan laptop, settingan network untuk pc ke lan, apa istilah pemakaian bersama sumberdaya dalam jaringan komputer, cara menginstal windows xp dengan menggunaka ISO, cara memperbaiki laptop yang tidak ada LAN, cara pake wifi lan windows 8, langkah-langkah mensetting pc agar bisa masuk jaringan, model relasional dan DBMS, cara mengembalikan file yang termakan smadav, terjemahan sunda - indonesia doc, cara memperbaiki network cable is not connect setup not instal os, atribut nilai dalam database, notebook tidak bisa di instal pakai usb, hal hal yg berhubungan dengan konseptual basis data, translate sunda jawa, cara Laptop sambung ke WIF, cara install manual gambas linux, install windows 7 dengan flashdisk di windows 8 file iso, cara sambungkan laptop ke kabel lan, kepanjangan rmdir, 3 tingkatan arsitektur data base ansi sparc, cara menggunakan satu modem untuk 2 komputer win 7, nama negara dan bendera sedunia, download instal ulang os pc win xp, cara setting 1 Lan 2 wifi, istilah pada basis data, memasang internet komputer baru, cara koneksi modem first media ke windows xp, lan tidak konek ke internet win 7, yang harus dipersiapkan sebelum membuat jaringan lan dan jelaskan, instal ulang komputer mati total dengan flashdisk, driver wireles agar komputer bisa internrtan, cara menghidupkan kabel jaringakomputer, Cara untuk Setting 3 PC 1 printer, tata atur jaringan lan ps2, ANSI-SPARC database indonesia, cara setting data di jaringan lan, gambar bendera negara-negara, nama nama negara di dunia dan bendera, setting jaringan PC untuk modem, cara menginstal windows 8 pada notebook hp, Pengaturan internet di netbook pake windos 7, gambar gambar bendera dunia, macam macam gambar bendera bola, mengatasi internet belum konek instal ulang windows xp, cara mengembalikan file yg terhapus oleh smadaf, macam-macam dari CMD beserta kepanjangannya, model data relasional, bahasa sunda semoga berhasil, beda install windows dengan kaset dan flashdisk, cara mengganti game yg pakai wifi jadi tidak pakai wifi, cara setting lan pada windows 7, gambar bendera negara di dunia serta bahasa mandarinnya, cara membuat basis data di laptop pribadi, cara menghubungkan printer ke laptop tanpa cd drive di windows 2007, kenapa baru instal windows 7 tidak bisa connect, cara mengganti nomor lan di komputer, cara mengaktifkan kabel lan di laptop windows 8, cara instal ulang netbook lenovo windows 8, cara menginstall membuka dan menjalankan program pascal, langkah langkah penginstalan jaringan lan menggunakan sistem operasi window xp w7, Dimana file ISO di kaset windows 8xx, cara instal ulang notebook, cara connect wifi baru ke laptop windows 7, jenis data independence, cara mengaktifkan koneksi internet pada axioo dengan windows 7, menggunakan wifi 3, tata carav membuka lan 2 komputer, Foto bendera india bendera inggris dan bendera indonesia, kegunaan aplikasi @me, Mengembalikan aplikasi sistem windows yg dihapus smadav, Cara mengembalikan faill avira yang hilang, cara menghubungkan lan windows xp yang baru diinstal, sebutkan alat alat untuk membangun sebuah jaringan lan, www cara menaktifkan jaringan internet dilaptop atau netbox, ganbar bendera seluh negara, Contoh dari masing masing macam macam jaringan komputer, cara mencapkan rj 45 tanpa tang crimping, cara mengembalikan file yg terhapus bersama virus di flashdis, software install windows menggunakan flashdisk, 3 jenis arsitektur, Tuliskan alat alat yang dibutuhkan untuk membangun jaringan komputer, masing masing tingkat level database, perbedaan instalasi file Iso dan cd room, gambar bendera bola sepak luar negeri, cara menggunakan kabel lan untuk wifi, bentuk data indefendence, bagaimana mengatasi local area connection 2 disable akses internet di windows 7, bentuk arsitektur DBMS-DBMS penjelasan teleprocessing