Perintah-Perintah Dasar pada CLI di Linux

IpanRipai.ComPerintah-Perintah Dasar pada CLI di Linux. Alhamdulillah, hari ini saya bisa menyempatkan diri untuk bisa menulis diblog pribadi saya ini. bahasan kali ini adalah tentang Perintah-Perintah Dasar pada CLI di Linux. Bagi yang masih awam, Istilah CLI itu mungkin terasa masih asing. Tetapi bagi yang sudah pernah belajar Linux, Istilah CLI bukan hal yang asing lagi. CLI adalah kepanjangan dari “Command Line Interface”. CLI itu adalah sebuah bentuk yang memberikan sebuah perintah terhadap PC, tetapi dia tidak dalam bentuk grafik, gambar, ataupun animasi lainnya. Perintah-perintahnya trsebut tidak seperti ketika anda memanggil sebuah program dalam windows yang one click installer yang sangat dimanjakan oleh desain grafisnya. Contohnya seperti ini, ketika anda dalam windows, tentu saja anda ketika memberikan perintah dalam hal Copy, Cut, Paste ataupun Delete, anda astinya tinggal klik-klik saja atau yang lebih dikenal sebagai GUI (Grafik User Interface), tetapi dalam hal ini (LINUX), tidak seperti itu, dia harus memberikan sebaris perintah terlebih dahulu.

Memang si, sekarang ini pada LINUX khususnya pada UBUNTU Dekstop anda sudah dimanjakan dengan tampilan GUI nya, tetapi untuk hal-hal tertentu anda harus bisa dan mampu untuk memberikan perintah secara CLI. Lalu, apakah windows juga tidak bisa melakukan CLI? tentu saja bisa. Pada windows, perintah untuk memberikan peritah CLI itu berada pada Command Prompt. Tetapi pada linux itu dinakan terminal. Cara membuka terminal itu cukup mudah, anda tinggal membukanya lewat Aplication –> Accessories –> Terminal. biar lebih jelasnya, anda bisa melihat gambar dibawah ini:

Perintah-Perintah Dasar pada CLI di Linux Perintah-Perintah Dasar pada CLI di Linux Perintah-Perintah Dasar pada CLI di Linux Perintah Perintah Dasar pada CLI di Linux

Perintah-Perintah Dasar pada CLI di Linux

Nah, gambar diatas adalah sebuah gambar yang berfungsi untuk memanggil terminal. Oke, Kita kembali ke topik. setelh jendela terminal terlihat. kita juga bisa mengisikan beberapa perintah. Perintah-Perintah Dasar pada CLI di Linux yaitu :

1. sudo su

Digunakan untuk login sebagai root/pengguna tertinggi. Maksudnya adalah, biasanya setiap PC pada user pasti memiliki level yang berbeda, ada yang sebagai level user saja, ada juga yang sebagai level admin.

Sintaks sudo su

2. login

Digunakan untuk login sebagai user lain, namun harus menjadi root dulu untuk bisa menjalankan peirntah ini.

Sintaks : login namauser

Contoh : login ipanripai

3. cd

Digunakan untuk berpindah direktori dari 1 directory ke directori yang lainnya.

Sintaks : icd alamat_direktor

Contoh : cd /var/www

4. pwd

Digunakan untuk memperlihatkan di direktori mana posisi kita berada sekarang.

Sintaks : pwd

5. ls

Digunakan untuk melihat isi sebuah direktori. jadi, ada apa saja di directory tersebut.

Sintaks : ls

6. cp

Digunakan untuk melakukan copy file.

Sintaks : cp /direktori/file_yang_ingin_dicopy /direktori tujuan

Contoh : cp /etc/file1.txt /var/www

7. mv

Digunakan untuk melakukan cut atau rename.

Sintaks :

mv /direktori/file_yang_ingin_dicut /direktori tujuan (cut)

mv /direktori/file_yang_ingin_direname /nama_baru_file (rename)

Contoh:

mv /etc/file1.txt /var/www

mv /etc/file1.txt file2.txt

8. mkdir

Digunakan untuk membuat folder baru.

Sintaks : mkdir nama_folder

Contoh : mkdir folder1

9. rmdir

Digunakan untuk menghapus folder.

Sintaks : rmdir nama_folder

Contoh : rmdir folder1

10. touch

Digunakan untuk membuat file baru.

Sintaks : touch nama_file

Contoh : touch file1.txt

11. rm

Digunakan untuk menghapus file.

Sintaks : rm nama_file

Contoh : rm file1.txt

12. more

Digunakan untuk menampilkan isi sebuah file

Sintaks : more nama_fie

Contoh : more file1.txt

13. echo

Digunakan untuk menuliskan sesuatu kata atau kalimat ke sebuah file.

Sintaks : echo “isi pesan” nama_file

Contoh : echo “Hai ini adalah contoh pesan” >> file1.txt

14. adduser

Digunakan untuk menambah user baru.

Sintaks : adduser nama_user

Contoh : adduser adamkurniawan

15. addgroup

Digunakan untuk menambah group baru

Sintaks : addgroup nama_group

Contoh : addgroup grup1

16. lsusb

Digunakan untuk melihat perangkat usb yang sedang terkoneksi ke komputer

Sintaks : lsusb

17. lspci

Digunakan untuk melihat perangkat pci yang sedang terkoneksi ke komputer

Sintaks : lspci

18. lshw

Digunakan untuk melihat hardware komputer.

Sintaks : lshw

19. dmesg

Digunakan untuk melihat hardware yang sedang beraktifitas

Sintaks : dmseg

20. top

Digunakan untuk melihat proses yang sedang berjalan, seperti Task Manager pada Windows.

Sintaks : top

21. cpuinfo

Digunakan untuk melihat spesifikasi komputer.

Sintaks : more /proc/cpuinfo

22. meminfo

Digunakan untuk melihat status RAM

Sintaks : more /proc/meminfo

23. clear

Digunakan untuk membersihkan layar

Sintaks : clear

24. halt

Digunakan untuk mematikan komputer, namun harus sebagai root.

Sintaks : halt

25. reboot

Digunakan untuk merestart komputer, namun harus sebagai root.

Sintaks : reboot

26. exit

Digunakan untuk keluar dari terminal.

Sintaks : exit

27. wget

Digunakan untuk mendownload via terminal

Sintaks : wget link_download

Contoh : wget www.insightcalendar.com/Insight_Calendar_1-1_Setup.exe

28. ifconfig

Digunakan untuk melihat konfigurasi ethernet/kartu jaringan.

Sintaks : ifconfig

29. apt-get

Digunakan untuk memperoleh paket/software dari repository ubuntu secara online.

Sintax : apt-get nama_paket

Contoh :

apt-get update (untuk melakukan update repository)

apt-get update wine (untuk mendapatkan paket wine)

30. tar

Digunakan untuk melakukan extract file.

Sintaks : tar [parameter] nama_file

Contoh : tar -xzvf komodo-edit-5.2.4-4343-linux-libcpp6-x86.tar.gz

31. nautilus

Digunakan untuk membuka tampilan GUI secara langsung.

Sintaks : nautilus

Contoh : sudo nautilus (menggunakan mode GUI dengan status root)

Kalo anda yang merasa bingung, lihat dulu video dibawah ini yang merupakan salah satu video yang saya ambil dari youtube.

Perintah-Perintah Dasar pada CLI di Linux

Perintah-Perintah Dasar pada CLI di Linux merupakan perintah dasar dari sebuah linux yang bisa anda praktekan dengan mudah. Udah ya, segitu aja dulu, kita sama-sama hapalkan perintah-perintah yang paling medasar pada CLI di linux ini. Semoga dengan adanya artikel Perintah-Perintah Dasar pada CLI di Linux ini bisa bermanfaat bagi kita semua. amin..

Kepanjangan cli, fungsi sudo su, kegunaan perintah linux yang ada pada terminal, perintah perintah CLI, cara menggunakan debian cli, perintah-perintah linuk untuk debian 5 0, penjelasan mengenai oop, singkatan-sengkatan CLI linux dan fungsi nya, cara copy file di linux, sebutkan perintah untuk menambah user di linux, cara copy paste di debian, syntax pada terminal linux, kepanjangan var dalam linux, kesimpulan fungsi touch di terminal ubuntu, perintah delete pada terminal, fungsi sudo dalam linux, cara menambah user pada debian 7 cli, perintah memasukkan IP dilinux debian basis CLI, istilah terminal linux, cara memasukan ip linux zorin
Perintah-Perintah Dasar pada CLI di Linux | admin | 4.5
Kamis, 29 Januari 2015 - Thursday, January 29th 2015 Kepanjangan cli, fungsi sudo su, kegunaan perintah linux yang ada pada terminal, perintah perintah CLI, cara menggunakan debian cli, perintah-perintah linuk untuk debian 5 0, penjelasan mengenai oop, singkatan-sengkatan CLI linux dan fungsi nya, cara copy file di linux, sebutkan perintah untuk menambah user di linux, cara copy paste di debian, syntax pada terminal linux, kepanjangan var dalam linux, kesimpulan fungsi touch di terminal ubuntu, perintah delete pada terminal, fungsi sudo dalam linux, cara menambah user pada debian 7 cli, perintah memasukkan IP dilinux debian basis CLI, istilah terminal linux, cara memasukan ip linux zorintranslate bahasa sunda, bendera dunia, google translate bahasa sunda, terjemahan bahasa sunda, bendera negara, translate sunda, gambar bendera dunia, google translate sunda, bendera seluruh dunia, gambar bendera negara di dunia, bendera negara di dunia, gambar bendera negara, google terjemahan bahasa sunda, gambar bendera, gambar bendera seluruh dunia, bendera semua negara, translate bahasa sunda ke indonesia, terjemah bahasa sunda, translate bahasa sunda online, bendera di dunia, gambar bendera di dunia, translate indonesia sunda, translate sunda ke indonesia, bendera negara dunia, terjemahan sunda, bendera seluruh negara, translate indonesia ke sunda, translate sunda indonesia, istilah basis data, bendera negara dan namanya, google translate indonesia-sunda, gambar bendera setiap negara, translate bahasa sunda ke bahasa indonesia, Translate basa sunda, google translate bahasa sunda online, terjemahan bahasa sunda ke indonesia, translet bahasa sunda, gambar bendera semua negara, istilah dalam basis data, yhs-fullyhosted_003, translate bahasa indonesia ke sunda, translate bahasa indonesia ke bahasa sunda, foto bendera, google terjemah bahasa sunda, google translate indonesia sunda, bendera bendera dunia, macam macam bendera, nama nama bendera di dunia, pengertian perancangan arsitektur basis data, bendera negara seluruh dunia, gambar bendera dan negaranya, bendera negara-negara di dunia, google translate indonesia ke sunda, translate bahasa sunda ke indonesia otomatis, gambar bendera dunia dan nama negaranya, nama bendera di dunia, macam macam bendera negara, nama nama bendera dan gambarnya, gambar bendera seluruh negara, gambar bendera negara dunia, bendera dunia lengkap, gambar bendera sedunia, terjemahan indonesia sunda, terjemah sunda, terjemahan sunda ke indonesia, google translate bahasa indonesia ke bahasa sunda, lambang bendera seluruh dunia, istilah istilah basis data, translate sunda-indonesia, gambar negara, bahasa sunda translate, google translate sunda ke indonesia, gambar bendera negara seluruh dunia, cara membuat jaringan lan dengan wifi, nama bendera dunia, translate b sunda, bendera dan nama negara, bendera negara negara, gambar bendera didunia, translate indonesia-sunda, terjemahan bahasa sunda ke bahasa indonesia lengkap, bendera sedunia, tujuan perancangan arsitektur basis data, bendera bendera di dunia, bendera bendera negara, nama nama bendera, istilah istilah dalam basis data, google translate b sunda, google translate basa sunda, cara setting lan windows xp, nama nama bendera seluruh dunia, terjemahan bahasa sunda ke bahasa indonesia, terjemahan sunda indonesia, bendera bendera negara di dunia, bendera negara didunia, foto bendera negara, membuat jaringan lan dengan wifi, google translate sunda indonesia, yhs-ddc_bd, istilah-istilah basis data mengerjakan soal seting ip adres, gambar bendera seluruh negara, bendera berbagai negara, instal ulang windows lewat command, cara memnggunakan kabel LAN wifi, ip privat, gambar bendera2 seluruh negara didunia, copy paste di debian, terjemahan indonesia sunda, gambar bendera negara, sebutkan tingkatan databse, cara mengembalikan file yang terhapus smadav, gambarkan warna bendera negara-negara di Amerika serikat, cara mengembalikan data coc setelah menggunakan coc private, bendera seluruh negara, translit B sunda ke indonesia, cara menghidupkan internet lokal area, translat bahasa sunda ke indonesia, jelaskan apa itu model semantic hieracycal dan network, pengertian model semantic hieralchycal dan network dan contohnya, cara mnampilkan wirless pada pc yang baru di instal, translate bahasa sunda, pengertian model semantic dan contoh nya, pengertian model semantic hirearchycal dan network, perbedaan setting lan menggunakan windows xp dan 7, merancang arsitektur basis data, kumpulan program yang mengkoordinasi semua kegiatan yang berhubungan dengan basis data disebut, google translate sunda ke indonesia, logo lambang bendera internasional dalam bahasa inggris, gambar bendera negara di dunia, google translate bahasa sunda, terjemahan bahasa sunda ke indonesia otomatis, gambar bendera dan nama negaranya, jelaskan ip public dengan ip private, foto bendera negara, cara setting jaringan lan windows 7, mengaktifkan jaringan laptop ASUS, translate b sunda, bahasa indonesia ke bahasa sunda, google translate bahasa sunda ke indonesia, gambar bendera dunia, bendera negara, macam macam bendera negara di dunia, kepanjangan var dalam linux, basis adata eksternal, Bendera dunia dan nama, sebutkan dan jelaskan struktur logika dalam php, bendera negara lengkap, sebutkan dan jelaskan strukture logika dalam php, nama negara beserta benderanya, maksud tingkat relasi data, konfigurasi jaringan lan dan wifi, tiga jenis model data, membuat jaringan lan menggunakan wifi, sebutkan 5 bentuk model objek data, gambar bendara di dunia, cara setting internet di windows 7, google translate b sunda, bendera dunia, terjemahan sunda ke indonesia, beda privat server dan publik server, gambar bendera sedunia, model data relasional, Cara untuk mengembalikan data yang hilang kerena menggunakan smadav, file yang dihapus smadav, macam tipe jaringan sebutkan dan jelaskan, tuliskan macam-macam server berdasarkan fungsinya, perintah CLI yang ada di linux, cara setting ulang internet laptop, terjemahan bahasa sunda-indonesia, bendera di dunia dan nama negaranya, cara mengembalikan data yang terhapus smadav, terjemahan bahasa indonesia ke sunda, terjemah bahasa sunda ke indonesia, Alat dan bahan membuat jaringan LAN, proses pemakaian bersama periperal komputer, contoh gambar cara menginstal ulang menggunakan flashdics di laptop acer, translate bahasa sunda online, cara mengaktifkan kabel lan di laptop, translete bahasa sunda, gambar bendera, 3 jenis record, translet b indonesia ke sunda, gambar bendera negara di seluruh dunia, poto bendera bola semua dunia, bendera negara didunia, translate sunda, membuat lan wifi, sunda translate, translate indonesia sunda, gambar bendera seluruh dunia, translet bahasa indonesia ke bahasa sunda, gambar bendera bendera, cara mengembalikan private server coc, translite indonesia ke bahasa sunda, translate bahasa sunda-indonesia, google translate indo-sunda, cara memanggil data dalam linux, google translate sundanese, nama nama bendera di dunia benuk bahasa dalam dbms, nyeting dua jaringan pakek windows, apa yang dimaksud dengan logical data independence, translete indonesi sunda, cara menginstal windows 7 menggunakan flashdisk laptop lenovo g40, istilah istilah dalam basis data, sebutkan perangkat membangun sebuah jaringan LAN, gambar bendera semua negara, CARA SETING PENGATURAN WIFI LEPTOP, daftar nama negara seluruh dunia, pemakain bersama sumbbber daya dalam jaringan komputer, jelaskan langkah2 memasukan kabel utp kedalam RJ_45, pengaturan jaringan lan windows xp, mengembalikan data harddisk dell yang terkena clean pada notebook, cara mencari jaringan di open network and sharing center, pake jaringan wireles, foto bendera dan nama negaranya, traslete bahasa sunda, Tuliskan macam2 konektor pada jaringan kabel, foto bendere, Cara meng konekkan pc ke spedy menggunakan kabel lan, cara menginstal ulang dengan windows xp sp 2, sebutkan dan jelaskan macam macam jaringan, Tuliskan langkah konfigurasi IP Address pada windows 7 ultimate !, sebutkan dan jelaskan alat yang digunakan untuk membangun sebuah jaringan LAN, langkah membuat arsitektur data, jaringan lan peralatan dan bahan, bagaimana cara setting wifi di pc, cara memasukan password jaringan lan, cra buat windows area conection 2 di windows 8, contoh dbsm model relasional, cara instal ulang laptop acer windows 7 tanpa kaset, level arsitektur basis data menurut ansi/sparc, SUBNETTING PADA CISCO, cara seting internet kabel di win xp, peralatan untuk membuat jaringan lan dan fungsinya, gambar bendera negara negara dunia, Nama Bendera Negara - Negara, cara mengembalikan file yg hilang karna smadav, cara memakai lan melalui laptop, cara memindah jaringan internet pc warnet ke laptop, memperbaiki file kena virus menggunakan avira, terjemahan sunda - indonesia, sebutkan dan jelaskan jenis-jenis komputer berdasarkan letak geografis, tata cara instal win xp dengan usb, foto bendera seluruh dunia/, membuat setting di pc, alat-alat yang di gunakan untuk membuat jaringan LAN beserta gambar, nama dan bendera di dunia, cara mengatasi jaringan internet bermasalah pada laptop, alat membangun suatu jaringan beserta gambar, Cara gambar memasang flashdisk laptop lenovo G40, google bahasa sunda, cara meroses game ppsspp jadi file iso, Pengertian alamat public ilegal dan privat, perintah cli debian, 5 alat untuk membuat jaringan komputer lokal, jelaskan tentang peralatan yg harus di siapkan dalam membangunsebuah jaringan lan, terjemahan indonesia - sunda, laptop tidak bisa connect ke lan speedy, cara membangun wifi lan menggunakan dua ap, contoh ip public a b c, bendera dunia dan nama negaranya, foto bendera afganistan, Cara Setting Jaringan Internet Yang Memakai 2 Lan Card Di Windows 7, kenapa tidak konek lan, contoh elemen data, winDows 7 ultimate tidak bisa koneksi internet speedy, cara setting laptop connect wlan speedy via ip, setting bios pada lenovo untuk mengaktifkan hardisk untuk diinstal, Jaringan computer dibagi menjadi 3 sebutkan, cara mentambungkan wifi dengan laptop axio, kenapa lan hilang setelah instal windows, cara menginstal ulang windows 7 di samsung menggunakan usb, cara memunculkan jaringan wifi pada komputer, cara agar ethernet cable kembali, cara instal pc lenovo dengan flash disk, setting lan pada laptop, sebutkan 5 alat yang digunakan untuk membuat jaringan lokal, cara balikin ke semula coc awal nya dari private server, membuat lan home dengan wifi, menghitung metode subnetting admin jaringan, cara kasi konek jaringan waifi, translate bahasa sunda ke indonesia online, untuk translate ke bahasa sunda, perancangan arsitektur basis data wikipedia, terjemahan bahasa indo-sunda, file hilang karna smadav, cara copy data lwat terminal, cara membuat jaringan lan menggunakan conector, terjemahkan ke bahasa sunda, sebutkan alat dan bahan membuat jaringan LAN menggunakan Wifi dengan langkah Langkahnya, Cara mengaktifkan link internet protocol di windows 7, cara setting connect internet untuk pc, cara atur flashdisk untuk install ulang laptop, translate bahasa sunda ke indonesia, lan card harga, sebutkan dan jelaskan model-model network, benderaa di bumi lengkap, negara dan bendera di dunia