Model Data Dalam Basis Data

IpanRipai.ComModel Data Dalam Basis Data. Model data adalah kumpulan konsep yang terintegrasi yang menggambarkan data, hubungan antara data dan batasan-batasan data dala suatu organisasi. Fungsi dari sebuah model data untuk merepresentasikan data sehingga data tersebut mudah dipahami.

Model data yang memberikan struktur untuk data yang digunakan dalam sistem informasi dengan menyediakan definisi yang spesifik dan format. Jika model data yang digunakan secara konsisten di seluruh sistem maka kompatibilitas data dapat dicapai. Jika struktur data yang sama yang digunakan untuk menyimpan dan mengakses data maka aplikasi yang berbeda dapat berbagi data dengan baik.

Untuk menggambarkan data pada tingkat eksternal dan konseptual digunakan model data berbasis objek atau model data berbasis record.

1. Model Data Berbasis Objek

Model data berbasis objek menggunakan konsep entitas, atribut dan hubungan antar entitas. Beberapa jenis model data berbasis objek yang umum adalah :

  • entity-relationship

Entity-relationship adalah model data yang berbasis objek, untuk menghubungkan atau merelasikan antara entitas dalam sebuah model basis data.

Komponen-komponen utama model ER adalah :

a. Entitas (entity), Entitas adalah bentuk dari objek-objek dala dunia nyata. contoh: mahasiswa, dosen, dll

b. Relationship. Relationship adalah memodelkan / merelasikan hubungan di antara entitas-entitas.

c. Atribut-atribut (properti-properti), memodelkan properti-properti dari entitas dan relationship.

d. Konstrain-konstrain (batasan-batasan) integritas, konstrain-konstrain ketentuan validitas.

  • Semantic

Kata Semantic berarti arti kata atau semantics suatu ilmu yang memperlajari tentang kata. Sedangkan model semantic adalah suatu model data yang dikembangkan berdasarkan object.

  • Functional
  • Object-oriented

2. Model Data Berbasis Record

Pada model data berbasis record, basis data terdiri dari sejumlah record dalam bentuk yang tetap yang dapat dibedakan dari bentuknya. Ada 3 macam jenis model data berbasis record yaitu :
- model data relasional (relational)
- model data hierarkhi (hierarchical)
- model data jaringan (network)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>